Senin, 30 Desember 2013

[IEM] JBL M330 | The Legendary IEM is Back!


Iseng iseng ngeracunin temen buat nyobain audio kerehore dan ternyata dia kecantol sama JBL M330 ini, namun sayangnya sudah terdengar kabar bahwa iem ini sudah tidak diproduksi lagi (Discontinue) sejak lama. Namun temen gue tetep aja bersikeras pengen yang ini.

Pencarian di fjb pun gue mulai dan akhirnya ketemu yang jual, dengan harga hanya Rp 100.000 ini akhirnya buat gue malah tertarik juga .-. jadi deh ngeborong 2 buah iem ini.

pas gue liat barangnya dateng, wih desainnya elegan banget dan ga terkesan sebuah iem diharga hanya seratus ribu. gue suka banget housingnya yang terbuat dari kayu yang menambahkan kesan sebuah iem premium.

langsung mulai aja deh reviewnya, yuk cuuuzzz :D

Packaging


IEM ini hadir dengan hanya sebuah pouch tanpa sebuah package layaknya iem bermerek lainnya


and what do we have here? didalem pouchnya cuman ada iem itu sendiri, really simple packaging but not recommended for "kirim kirim"

The Sound

nah, sampai ke intinya :) sumpah gue penasaran ama suaranya si jbl m330 ini, apakah desain mewahnya sama mewahnya dengan suaranya? let's do the test :D

Player: ONN Q9 (No EQ)
Tested Song: gue test pake banyak lagu dari berbagai aliran dan genre :D

First Impression
Kesan pertama gue nyobain ni iem, iemnya nyaman dipake dengan eartipsnya yang menggunakan silikon, untuk suaranya belum ngerasain suara yang istimewa sih disini, Bassnya tipis, vocalnya laidback dan terasa aga kering, kesan warm terasa, dengan treble yang menurut gue stadard iem diharga segini. buat soundstaging nya gue masih merasa biasa aja, suara pun hanya melebar sekedar kekanan dan kiri driver, tidak kedepan belakang maupun atas bawah.


After Burn in More thank 100 Hours
udah lama nih nunggu burn innya, yang gue rasa masih kurang lama, tapi gasabar nih buat nyobain nyanyiannya, langsung deh di coba :D

WOW, satu kata itu yang bisa saya sebutkan untuk suara iem ini setelah burn in, suaranya jadi lebih mantap, lebih asik, lebih fun deh :D Bass lebih deep dan lebih berbody, Vocal jadi aga basah dan lebih lepas disini ampe senyum senyum sendiri dengerin suaranya, hehe. treblenya jadi crisp banget ini yang gue suka nih, suara suara instrumen tersaji dengan sangat baik, suara tarikan nafas sang penyanyi jad lebih terdengar, dan suara penyanyi latar kali ini ga ngumpet kayak sebelum d burn in.

Micro detailnya dapet banget, dibeberapa lagu yang gue denger ada suara yang ga pernah gue denger sebelumnya, Detail dari iem ini pun sangat baik, tiap tiap ucapan dari sang penyanyi tersaji dengan baik tanpa tertutupi dengan bass dan treblenya. staging terasa agak sedikit meluas, namun sayangnya kesan 3d tidak terasa di iem ini, maklum namanya iem seratus ribuan ;)


Conclusion

Dua kata, Perfect IEM!. IEM ini gue rasa iem paling cucok di range harga seratus ribuan, vocal yang smooth and lepas, bass yang deep and berbody, juga treblenya yang crisp siap melahap berbagai macam lagu dari berbagai macam genre ;)

Buat Pros Consnya baca baca sendiri ya :p gue udah ngeluarin energi buat ngetik masa bacanya cuman pros cons dan consclusion doang sih :p

sekian review gue, inget ini cuman berdasarkan apa yang dirasakan oleh kuping kaleng gue, penilaian disini sangat subjektif, jadi kalau ada yang berbeda pendapat, bolehlah di diskus dengan saya :) Sampai ketemu di review selanjutnya :D

2 komentar: