Jumat, 31 Januari 2014

[Earbud] dBE PR10 Rev ii


Pasti pada bingung sama dBE tipe ini? Bener ga? hehe, dBE PR10 Rev ii ini baru kira kira bulan kemarin dimasukin sama dBE Indonesia sebagai pengganti dBE PR10 Rev i yang sudah habis Stocknya. Ada yang menawarkan Produk ini di sebuah grup, langsung deh gue ambil kesempatan. Berharap dapet karena Demonya Limited banget, akhirnya dapet juga :D Lanjut review :3

Demo unit ini datang dengan packing yang masih belum ada namanya nih, berhubung baru dan masih proses packing, Demo unitnya datang dengan keadaan seperti ini. So, gue gabakal bahas packing ya :D ohiya, gue sebenernya mau test ini earbud saat dia memakai Earsponge dan saat engga make Earsponge, tapi berhubung earspongenya pas gue lepas aga sedikit susah, jadi bahas saat makainya aja ya :D

The Sound


Sebagai pembanding, gue kasih Sennheiser mx80 yang harganya sebanding. Pengen sih bandingin ama vido juga, cuma vido gue udah di Mod ampe 3x harga aslinya, hehe. Ohiya, mx80 gue masih baru 50 Jam Burn in ya, jadi belum tau nih kalo mx80nya udah 100 jam burn in, hehe. Lanjut review lagi, Setup kayak biasa :D

DAP: Onn Q9
Tested Song: Lagu yang seperti biasanya :D

First Impression
Bassnya sedikit punchy cuman speednya menurut gue standar
buat vokalnya, terdengar aga ngumpet, dan sedikit kering, micro detailnya juga ga terlalu berasa disini, laidback, no sibilance
Highnya engga terlalu berasa dia
Staging medium, dan instrumennya berasa numpuk

Gue sempet berpikir masa dBE nge-rilis produk yang kayak begini, menurut gue si ini kurang enak ya .-. soalnya di luar karakter yang gue suka, Lanjut Burn in aja biar tau kemampuannya sejauh mana :D

After Burn in More than 100 Hours
Bassnya ._. sama aja kayak sebelumnya, cuman ada sedikit peningkatan di speednya
Vokalnya lebih asik nih, lebih basah, lepas, dan micro detailnya lebih kerasa sekarang, tapi tetep laidback and no sibilance
Sekarang kerasa lebih cring cring nih Highnya
Soundstage terasa lebih luas, dan instrumennya udah ga numpuk lagi ;)

Comparison
Saatnya kita nonton pertandingan dBE PR10 Rev ii melawan Sennheiser mx80 ;)

Bass:
Bass menangan mx80 yang emang ditujukan buat basshead, mx80 menang mutlak nih secara impact dan speednya, PR10 Rev ii menurut gue ketinggalan 3 poin secara impact dan speednya

Mid:
Midnya lebih asik di PR10 rev ii, Lebih maju dan lebih open.

High:
Highnya menurut gue seimbang sih ya ._. sama sama ngecring bingung bedainnya .-.

Soundstage:
Lebih luasan PR10 sedikit, instrumennya sama sama megah ._.

Conclusion


Langsung aja ke plus minusnya ;)
Pros (+):
  • Menurut gue Midnya yang paling special di range harga segini
  • Vokalnya yang aga basah dan open
  • cring cring
  • Soundstage luas dan instrumennya megah
Cons (-):
  • Impact dan speed bassnya yang kurang baik
  • SQ saat pertama yang cenderung buruk
Kayaknya segitu aja deh ya :D

sekian review gue, inget ini cuman berdasarkan apa yang dirasakan oleh kuping kaleng gue, penilaian disini sangat subjektif, jadi kalau ada yang berbeda pendapat, bolehlah di diskus dengan saya :) Sampai ketemu di review selanjutnya :D


Gallery:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar